Peralatan Bongkar Muat


Bongkar Muat


Informasi tentang definisi bongkar muat ada di sini.
Bongkar muat adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dalam proses forwarding (pengiriman) barang. Yang dimaksud dengan kegiatan muat adalah proses memindahkan barang dari gudang, menaikkan lalu menumpuknya di atas kapal  sedangkan kegiatan bongkar adalah proses menurunkan barang dari kapal lalu menyusunnya di dalam gudang di pelabuhan atau di container yard.
Salah satu hal yang harus diurus agar proses bongkar muat barang-barang berjalan lancar, maka perusahaan yang ditunjuk untuk melakukan bongkar muat; dalam hal ini PBM; harus mampu menunjukkan dokumen eksport import yaitu bila barang itu berasal atau akan dikirimkan ke luar negeri.
Di samping itu Perusahaan Bongkar Muat juga harus mampu untuk melakukan pekerjaannya secara profesional, karena untuk melakukan bongkar muat di pelabuhan sebenarnya tidak mudah. Selain membutuhkan peralatan yang memadai, perhitungan yang cermat dan ketelitian juga merupakan faktor yang harus dipertimbangkan. Bayangkan saja, kesalahan dalam memindahkan satu kontainer saja bisa mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. (sig)

Multipurpose Gantry Crane
  

Pelabuhan Umum Ciwandan Banten memiliki 2 unit Multipurpose Gentry Crane dengan kapasitas masing-masing 35 dan 36 Ton, yaitu 2 unit Gentry Crane yang telah di mofifikasi sehingga dapat digunakan untuk menangani container dan dry bulk. Multypurpose Gentry Crane ini adalah satu-satunya di Indonesia dengan kecepatan 3 menit/hoock cycle atau bila digunakan untuk penangan container mencapai 20 Boxes/crane/hour.
Gantry crane adalah jenis crane portal tinggi berkaki tegak yang mengangkat benda dengan hoist yang dipasang di sebuah troli hoist dan dapat bergerak secara horizontal pada rel atau sepasang rel dipasang di bawah balok atau lantai kerja. Sebuah Gantry Crane memiliki ujung balok pendukung bertumpu pada kaki tegak beroda berjalan pada rel diatas pondasi, biasanya pada dinding sisi paralel dari pabrik atau bangunan industri yang sama besar, sehingga bahwa seluruh crane dapat dipindahkan di sepanjang bangunan sementara hoist dapat dipindahkan ke sana kemari ke seluruh lebar bangunan. Sebuah Gantry Crane dapat pula ditempatkan diluar bangunan (outdoor).

Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut mengenai Gantry Crane yang cocok untuk anda & sesuai dengan budget yang anda anggarkan. Kami akan membantu anda semaksimal mungkin untuk membantu bisnis anda dengan Gantry Crane yang tangguh & Ekonomis.
Pada kondisi bagaimana anda harus menggunakan Gantry Crane ?
  1. Posisi kerja ada di Outdoor (Tidak ada bangunan pendukung).
    Jika posisi penggunaan crane berada di area outdoor (tanpa bangunan pendukung), penggunaan gantry crane sangat cocok. Misalnya area penumpukan, precast, loading & constructing. Penggunaan Gantry Crane pada area Outdoor sangat ekonomis, karena anda tidak perlu membangun sistem tiang pendukung. Anda hanya perlu menyiapkan system pondasi & rail.
  2. Posisi Kerja Indoor dengan Long Travel yang panjang
    Jika pabrik/gudang anda memiliki long travel yang panjang dan tiang bangunan tidak mendukung untuk memasang runway beam, maka Gantry Crane adalah pilihan yang tepat untuk kondisi ini. Sangat ekonomis     
  3. Investasi yang lebih rendah.
    Jika anda memerlukan crane dalam waktu yang temporer untuk outdoor, pilihan pada Gantry Crane sangat tepat, karena relatif mudah dipindahkan ke tempat lain, dengan sedikit kerugian pada pondasi saja. Dengan merancang system pondasi yang tepat, maka Gantry Crane anda dapat dibangun dengan budget yang sangat ekonomis.
Apa kekurangan dari system Gantry Crane ?
  1. Membutuhkan Clearance Area
    Gantry Crane berjalan diatas rail yang terpasang diatas lantai/pondasi. Secara langsung hal ini akan mengakibatkan area disekitar rail tidak bisa kita manfaatkan, karena crane perlu area aman untuk beraktifitas. Hal ini akan mengakibatkan area disekitar rail tidak bisa dimanfaatkan. Sangat merugikan untuk kondisi gudang/pabrik yang kurang luas.
  2. Pengawasan Safety harus lebih ketat
    Rail lintasan gantry crane berada di lantai dimana banyak manusia akan beraktifitas & banyak barang2 diletakkan. Sehingga butuh pengawasan safety yang lebih ketat dibandingkan dengan Overhead Crane. Harus dipastikan rail Gantry aman dari perlintasan manusia & aman dari barang2 yang mungkin tertabrak oleh Gantry Crane.
 
Alat bongkar muat:
  1. CONTAINER CRANE
  2. RUBBER TYRED GANTRY CRANE
  3. RAIL MOUNTED GANTRY CRANE
  4. REACH STACKER
  5. SIDE/TOP LOADER
  6. FORKLIFT
  7. HEAD TRUCK –CHASSIS
  8. STRADDLE CARRIER
  9. MOBILE HARBOUR CRANE
QUAYSIDE GANTRY CRANE disebut juga“ShipTo ShoreCrane“,“Portainer”Atau “Container Crane” didesain untuk beroperasi di dermagadigunakan untuk menangani bongkar muat peti kemas di dermaga.
CONTAINER CRANE Didesain terdiri dari rangka baja yang dapat bergerak(gantry) di sepanjang dermaga dan dapat mengangkat container dari kapalke dermaga untuk kegiatan bongkar dan dan sebaliknya untuk kegiatanmuat dengan menggunakanSpreader”.

CONTAINER CRANE Pertama sekali dikenal pada pertengahan tahun 1950
tetapi untuk tujuan penanganan bongkar muat peti kemas pertama sekali
dirakit pada tahun 1959 oleh perusahaan paceco corp. Untuk perusahaanMatson (Marine Terminal, Alameda, California) yang dikenal dengan nama
Portainer”
Klasifikasi Berdasarkan Kapasitas Angkat
Panamax (12–13 Container Rows)
Post Panamax (18 Container Rows)
Super Post Panamax (22 Container Rows)
 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOAD LINE MARK ( lambung Timbul )

NAVIGATION NOTATIONS